jangan lupa klik iklan

Home » » Cara Mengatasi Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi

Written By feri gunawan on Selasa, 24 September 2013 | 8:35 PM


Tombol+Back+Android
Cara Mengatasi Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi - Sekarang ini banyak sekali beredar ponsel Android yang memiliki desain full touchscreen, namun masih menyisakan tombol di bawahnya antara lain tombol home dan back meskipun ada beberapa yang masih menyertakan keypad seperti Samsung Galaxy Chat (yang namanya untuk chat pasti lah ada keypadnya). Tidak hanya satu atau dua vendor Android saja yang mengeluarkan ponsel Android jenis full touchscreen tetapi semuanya, jarang sekali saya menemui Android yang masih memakai keypad. Apalagi Galaxy Nexus, ponsel Android tersebut menggunakan tombol firtual untuk tombol back, home, dan option, berbeda dengan kebanyakan Android yang meski sudah memakai desain full touchscreen tetapi masih menyisakan tombol fisik, entah itu yang soft touch atau lainnya. Nah, biasanya Android yang menggunakan soft touch sering tidak fungsi apabila sudah sering digunakan.

Android sekarang ini menguasai pasar smartphone dan menjadi ponsel yang paling banyak digunakan, Android juga menjadi sistem operasi ponsel tercanggih saat ini. Mungkin karena banyak vendor yang tertarik dengan sistem operasi satu ini menjadikan pilihan Android sangat beragam, dari yang mahal sampai yang murah. Keadaan itu juga yang membuat Android maju pesat dan mengalahkan smartphone lainnya.

Tapi dari semua kelebihan itu pasti ada kelemahan karena tidak ada satupun elemen di dunia ini yang sempurna. Ingat, tidak semua Android mengalami ini, kebanyakan Android low-end yang mengalami ini, katakanlah seperti Samsung Galaxy Young (karena sudah banyak penggunanya yang mengeluh tentang ini).

Berikut Cara Mengatasi Tombol Back Android Yang Tidak Berfungsi:


1. Anti Gores

Anti gores atau plastik pelindung berfungsi melindungi layar supaya tidak terkena goresan. Namun, anti gores dapat  menjadi penyebab macetnya tombol back karena anti gores dapat mengurangi responsifitas terutama anti gores yang tebal. Selain itu debu/kotoran, minyak, dan air juga dapat menyebabkan tombol back Android anda tidak responsif dan menjadikannya macet.

Solusinya: Jika anda menggunakan anti gores, sebaiknya anti gores yang anda gunakan cukup menutupi pada bagian layar saja, sedangkan pada tombol back, home, dan option tidak usah dipasang anti gores. Rajin-rajinlah membersihkan permukaan layar Android anda dengan menggunakan kain halus dan juga kering untuk membersihkan debu, kotoran, minyak, dan air (jika Android anda terkena air) yang menempel pada layar, terutama pada tombol back.

2. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol

Ada beberapa aplikasi yang bisa menggantikan fungsi tombol back antara lain Easy Touch dan Button Savior. Fitur yang ditawarkan aplikasi-aplikasi tersebut bukan hanya untuk menggantikan tombol back, melainkan tombol home juga dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store.

3. Melakukan Reset

Cara yang terakhir adalah melakukan reset pada Android anda jika tips diatas masih belum bisa mengatasi masalah yang anda alami. Melakukan reset bisa melalui pengaturan Android secara langsung ketika Android dalam posisi hidup ataupun melalui recovery jika Android dalam posisi mati. Anda bisa membaca cara melakkan reset pada Android disini.

Kalau semua cara diatas masih saja belum bisa mengatasi masalah anda, sebaiknya bawalah ponsel anda ke service senter untuk tindakan lebih lanjut. Demikian tips singkat cara mengatasi tombol back Android yang tidak berfungsi. Semoga masalah Anda terselesaikan.
Thanks Sampai ketemu lagi.. :D

5 komentar:

  1. Ditha Fauziah,,
    handphone yg aku,, pkai anti goresnya semua,,tapi alhamdulillah gk macet..
    Cuman klau yg tablet agak sulit untuk ditekan..akan aku coba solusinya..:)

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks..
      rajin2 kunjungi blog garvin90 ya ^^

      Hapus
  2. Bang kan handphone gw udah pakai corning gorila glass 3 nah kalo pakai tempered glass itu responsifnya akan berkerja dengan baik gk?
    Mohon percerahannya....

    BalasHapus
  3. Bang kan handphone gw udah pakai corning gorila glass 3 nah kalo pakai tempered glass itu responsifnya akan berkerja dengan baik gk?
    Mohon percerahannya....

    BalasHapus
  4. Bang kan handphone gw udah pakai corning gorila glass 3 nah kalo pakai tempered glass itu responsifnya akan berkerja dengan baik gk?
    Mohon percerahannya....

    BalasHapus

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan juga tidak ada masalah.